Bulu Tangkis


Bulu tangkis  adalah olahraga yang memiliki gerak dominan antara kaki dan tangan, permainan Bulu tangkis dimainkan menggunakan alat yang biasa diseb

ut Raket. Cara bermain bulu tangkis yaitu dengan kita menepak kok menggunakan raket dengan tehnik yang harus di mengerti.

Permainan bulu tangkis adalah permainan yang dimainkan oleh 2 atau 4 orang, jika permain single dimainkan oleh 2 orang yaitu 1 lawan 1. Jika permainan double yaitu permainan 4orang, yaitu 2 lawan 2. Permaianan bulu tangkis mempunyai 5 partai yaitu, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Untuk memainkan perminan bulu tangkis ini memerlukan tehnik yang harus di pelajari, seperti, cara memegang raket, menepak kok sampai langkah demi langkah yang harus kita pelajari.

Ada beberapa peraturan dalam permainan bulu tangkis yaitu,

1. Ukuran lapangan dan jaring
Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.

2. Memegang raket
Kita harus mengerti cara memegang raket, karena apabila kita tidak menerti makan dorongan akan terkesan lemah. Cara memegang raket backhand maupun forehand.

3. Footwork
Footworkadalah gerakan kaki yang berfungsi sebagai penyangga tubuh untuk menempatkan badan dalam posisi yang memungkinkan untuk melakukan gerakan pukulan yang efektif. Untuk dapat memukul dengan posisi baik, seorang pemain harus memiliki kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak dapat dicapai jika gerakan kaki tidak teratur.

4. Servis
Servis merupakan pukulan pertama untuk mengawali permainan bulutangkis. Selain itu, servis juga dilakukan setelah bola mati. Apabila terjadi kesalahan dalam servis maka akan menguntungkan lawan di antaranya poin untuk lawan bila servis menyangkut atau gerakan servis salah. servis yang tanggung untuk ganda sehingga menyebabkan lawan dapat merusak pertahanan kita dengan pengembalian dari servis yang susah dicapai oleh kita. Oleh karena itu, teknik ini harus mendapat perhatian utama sebelum memberikan teknik yang lain dalam permainan bulutangkis.Dalam  permainan  bulutangkis,  terdapat  tiga  jenis  servis,  yaitu servis pendek, servis tinggi, dan flickatau servis setengah tinggi. Namun, biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yaitu servis forehanddan backhand. Masing-masing jenis ini bervariasi pelaksanaanya sesuai dengan situasi permainan di lapangan.

5. Smash
Pukulan smash merupakan pukulan yang keras dan tajam. Tujuan dari pukulan ini adalah untuk memetikan lawan secepat-cepatnya. Dalam praktik permainan, pukulan smashdapat dilakukan dalam sikap diam/berdiri atau sambil loncat (king smash). Teknik pukulan smashtersebut secara bertahap harus dikuasai oleh setiap pemain dengan sempurna. Manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kualitas permainan. Cara melakukan smashsebagai berikut.
A.      Perhatikan pegangan raket.
B.      Sikap badan harus tetap lentur, kedua lutut dibengkokkan dan tetap berkonsentrasi pada kok.
C.      Perkenaan raket  dan  kok di  atas  kepala  dengan  cara meluruskan  lengan  untuk  menjangkau kok itu setinggi mungkin  dan  pergunakan tenaga  pergelangan  tangan pada saat memukul kok.
D.      Lakukan gerak  l anjutan dengan mengayun raket yang sempurna ke depan badan.

Permainan bulu tanngkis sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1930. Saat itu, bulu tangkis dinaungi oleh Ikatan Sport Indonesia (ISI). Bulutangkis makin berkembang pasca kemerdekaan. Pada tahun 1947, di Jakarta, berdiri persatuan bulutangkis bernama Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI). Dan, pada 5 Mei 1951, terbentuklah Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Sumber : http://www.pojokilmu.com/bulutangkis/ 
               http://ipanksporteducation.blogspot.co.id/2013/05/sejarah-bulutangkis-di-indonesia.html
               http://one-sport-station.blogspot.co.id/2014/09/cara-bermain-dan-peraturan-bulutangkis.html
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Recent

Comment

Random Posts

Social Share

Flickr

Social Share

Random Posts

Recent Posts

Sponsor

Recent comments

Bonjour & Welcome

Contact

Nama

Email *

Pesan *

Facebook

Comments

Find Us On Facebook

Recent Comments

Recents

Social Icons

Random Posts

Recent Posts

Flickr

Random Posts

Popular Posts

Popular Posts